Fakta Propagasi DNS Domain: 5 Menit sudah Selesai
Berapa lama waktu dan proses yang dibutuhkan untuk propagasi DNS domain pada blog?

Jawabannya relatif.

Ada yang 24 jam (1 hari), ada juga yang mencapai 72 jam (3 hari) lamanya agar proses propagasi berjalan sukses.

Hari ini, tanggal 15 Juli 2016 saya memesan domain .com (dot com) di Rumahweb dengan biaya Rp 115.000,- (Seratus Lima Belas Ribu Rupiah).

Seperti biasa. Proses setting Record Homepage, DNS atau NameServer dll saya setting berdasarkan halaman tutorial perubahan blogspot menjadi .com (dot com) yang telah disediakan.

  • nsid1.rumahweb.com
  • nsid2.rumahweb.net
  • nsid3.rumahweb.biz
  • nsid4.rumahweb.org
  • dns.ghs.google.com; dan
  • kode verifikasi domain pihak ketiga

Proses setting record tersebut hanya berjalan beberapa menit saja, toh tutorialnya sudah disediakan.

Nggak lama setelah itu saya lihat bahwa domain sudah aktive. Saya coba buka deh. Tada, blog dengan alamat www.ariefghozaly.com (sudah dihapus) sudah bisa diakses.

Bingung dan senang bercampur aduk.

Beberapa kali saya melakukan Custom Domain nggak secepat ini. Saya tanya aja deh, langsung sama pihak rumahweb.

Jawabannya memang Propagasi itu tidak tentu. Bisa cepat bisa lama.

Melalui posting kali ini, ditemukanlah bahwa prograpasi itu tidak pasti. Bisa cepat dan kadang sangat lama hingga menunggu beberapa hari selanjutnya.

Standartnya sih satu hari alias 24 jam teng. Tapi entah kenapa blog tersebut berhasil diaktifkan ke dot com hanya dalam waktu 5 menit saja. Alhamdulillah.

Catatan: Posting ini bukan ajang promosi Rumahweb. Hanya ulasan fakta propagasi domain.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours