Fakta Pengalaman Membeli/Menyewa Domain di IDWEBHOST ternyata sangat Mengecewakan 2018

Tidak bermaksud Offense, menyerang, atau menjelek-jelekkan kualitas IDWEBHOST; hanya saja ini tentang uneg-uneg saya pribadi yang memang benar-benar sangat dikecewakan oleh IDWEBHOST.

Pada tanggal 2 Juni 2018 saya mendaftarkan domain dengan alamat www.templateblogger.web.id.

Setelah mentransfer sejumlah uang, saya di suruh mengirimkan KTP dalam bentuk FILE. Katanya, karena saya menyewa WEB.ID yang mana ketentuannya harus mengajukan KTP dalam bentuk FILE. Ok itu tidak masalah.

Berjam-jam saya tunggu, akhirnya domain yang beralamatkan www.templateblogger.web.id pun diterima (disetujui) oleh pihak Registry.

Perbedaan antara Registry dengan Registrar adalah Registry merupakan organisasi yang bertanggung jawab terhadap database nama domain untuk Top Level Domain. Sedangkan Registrar adalah organisasi yang berwenang untuk mendaftarkan nama domain.

Pengalaman: Penyedia Domain & Hosting IDWEBHOST sangat Mengecewakan 2018

Saat itu saya langung menghubungi pihak IDWEBHOST melalui Chating. Saya di bantu langsung oleh pihak IDWEBHOST melalui Chating tentang cara setting Nameserver dan Kelola DNS di IDWEBHOST.

Konfigurasi Nameserver dan Pengelolaan DNS (CName, Address, Name Host, dan Alamat IP) pun selesai pada hari itu juga.

Mulai Mengalami Masalah pada Propagasi Domain


Bagi yang pernah menyewa domain dimana pun, tentu tidak asing dengan istilah Propagasi Domain. Praktisnya, Propagansi Domain adalah waktu yang dibutuhkan domain untuk tersambung dengan server hosting.

Pada tanggal 3 Juni 2018 semestinya alamat www.templateblogger.web.id sudah bisa digunakan.

Saya menghubungi pihak IDWEBHOST hari itu, saya menanyakan kenapa domain tersebut belum bisa digunakan. Pada saat itu juga, mereka meminta Username dan Password dari akun Google Mail yang terhubung (sebagai admin) dari blog tersebut.

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, yang saya ajukan pada saat itu adalah akun Gmail kedua; karena Gmail yang pertama sangat sensitif karena terhubung langsung dengan semua situs-situs pribadi saya. Padahal, permintaan Username dan Password ini bukanlah etika Cerdas dalam Berinternet Ria seperti yang dikatakan pemerintah.

Mereka pun meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut, dan menyuruh saya untuk menunggu kembali...

Pada tanggal 4 Juni 2018, pun belum menemui pemecahan masalah. Pihak IDWEBHOST terus mengatakan bahwa saya harus menunggu, maaf, menunggu, maaf, dan menunggu.

Pada hari Selasa, tertanggal 5 Juni 2018, mereka mengklaim kalau Blogspot yang digunakan ternyata tidak bisa mengaktifkan domain www.templateblogger.web.id. Disini saya sempat bingung, ini salahnya Blogspot? Google 'kah yang bermasalah?

Karena saya tidak mau ambil pusing, dan/atau dari pada pusing sendiri; hari itu juga saya mengalihkan Blogspot lainnya dari A ke B untuk aktifiasi Custom Domain dengan alamat www.templateblogger.web.id; dan mau tidak mau, saya harus setting Nameserver dan Kelola DNS lagi dan lagi. Akhirnya, terpaksa harus menunggu lagi...

Tertanggal 6 Juni 2018, Propagasi Domain masih belum berhasil. Sebagai seorang manusia, saya punya batas kesabaran. Saya mengajukan email dengan isi (asli) sebagai berikut:

Dengan sangat menyesal dan memohon maaf sebesar-besarnya, saya mengatasnamakan Arief Ghozaly membatalkan pemesanan atas penyewaan nama domain untuk alamat www.templateblogger.web.id yang saya lakukan di IDWEBHOST pada tanggal 2 Juni 2018.

Harapan saya ada 2 untuk saat ini: (1.) Kembalikan uang saya sebesar Rp xxxxx,- sebagaimana yang telah saya kirimkan ke rekening IDWEBHOST - BNI; dan (2.) Hapus pendaftaran www.templateblogger.web.id di IDWEBHOST karena akan saya daftarkan di situs penyedia domain/hosting lainnya.

No. Rekening saya:

BNI 057-xxx-xxx
Atas Nama Arief Ghozaly

Terima kasih, IDWEBHOST.

IDWEBHOST membalas:

Untuk hal tersebut mohon maaf tidak bisa Bapak, di karenakan domain yang di order tersebut sudah aktif dan tidak bisa dihapus, dan kami cek untuk kendalanya di karenakan domain tidak bisa di simpan di blogspot jika menggunakan www.templateblogger.web.id, akan tetapi jika yang di simpan di blogspot selain www.templateblogger.web.id bisa tersimpan.

Dan kami cek seting domain menggunakan tools milik google (https://toolbox.googleapps.com/apps/dig/) seting domain sudah resolv."

- Hormat Kami, Barkah Taufik Rokhman.

Disini saya sempat mikir, apa saya harus menggunakan Wordpress untuk mengaktifkan domain tersebut? Loh? Saya maunya di Blogspot, dong... Saya pun membalas email tersebut dengan isi email berikut:

Loh? Bagaimana ceritanya, saya mau simpan di Blogspot kenapa tidak bisa? Semestinya ya itu bukan urusan saya. Itu urusan kalian sebagai penyedia domain/hosting.

Kalau memang tidak bisa digunakan, semestinya ada laporan yang ditampilkan di laman IDWEBHOST kalau memang www.templateblogger.web.id tidak bisa digunakan di Blogspot.

Dan hari ini, detik ini, 14.38 WIB - Rabu, 6 Juni 2018, Juli Isnawanto membalas email tersebut dengan isi email berikut:

Terimakasih telah menghubungi IDwebhost,

Terkait dengan nama domain www.templateblogger.web.id yang tidak bisa untuk custom blogspot, :

1. Refund bisa kami proses, akan kami kembalikan sepenuhnya biaya pembelian domain.

2. Karena domain www.templateblogger.web.id sudah aktif maka tidak bisa di hapus, domain akan tetap aktif sampai dengan tanggal expirednya, jika bapak meminta refund maka domain akan menjadi milik IDwebhost.

Silahkan konfirmasinya , apakah ingin dilanjutkan proses refund nya ?

Demikian informasi dari kami. Jika masih ada yang ditanyakan silakan hubungi kami kembali. Terima kasih.

Hormat Kami,

Juli Isnawanto

Iyalah, REFUND! Masa iya mengikhlaskan uang begitu saja tapi hasilnya nihil? Sebenarnya, secara pribadi, bukan masalah uangnya, tapi masalah domain tersebut!

Karena domain saja sudah tidak bisa saya dapatkan, ya uang harus dikembalikan. Wah kecewa berat. Domain itu nggak bisa saya gunakan sama sekali di penyedia domain/hosting lainnya.

Situs IDWEBHOST Bermasalah?


TEPAT pada hari ini, Rabu -- 6 Juni 2018, saya LOGIN menggunakan akun saya. Saya cek semua domain dengan alamat "seokillertampandanrupawan", anehnya hanya 2 domain yang bisa digunakan yaitu .Com dan .Net. Sedangkan domain .XYZ, .Web.ID, .Co.ID, .ID, dan lain-lain tidak bisa digunakan dengan keterangan Domain Exist.

Melalui halaman utama:

Pengalaman: Penyedia Domain & Hosting IDWEBHOST sangat Mengecewakan 2018

Melalui halaman member:

Pengalaman: Penyedia Domain & Hosting IDWEBHOST sangat Mengecewakan 2018

Anehnya ketika domain "seokillertampandanrupawan" saya cek di penyedia domain/hosting lainnya, domain tersebut tersedia! Cek gambar dibawah ini:

Pengalaman: Penyedia Domain & Hosting IDWEBHOST sangat Mengecewakan 2018

Saya rasa, IDWEBHOST betul-betul lagi bermasalah. Sudah bermasalah dengan konsumen, bermasalah pula pada situs web resminya.

Di satu sisi saya merasa dirugikan oleh pihak IDWEBHOST. Domain tidak bisa dibatalkan, uang pun gagal dikembalikan (update: uang dikembalikan). Yang sangat disayangkan lagi, baru kali ini Blogspot tidak mendukung domain-domain tertentu, dan kasus ini hanya terjadi di IDWEBHOST.

Kesimpulan Masalah IDWEBHOST sangat Mengecewakan


Dari masalah diatas, dapat disimpulkan bahwa saya sangat-sangat dirugikan oleh pihak IDWEBHOST yang "katanya" penyedia web hosting murah dan domain murah terbaik di Indonesia.

  • Rugi sejumlah uang (update: uang sudah dikembalikan)
  • Saya sudah 2 kali membuat tiket; 2 kali pula gagal diatasi oleh pihak HelpDesk
  • Rugi waktu, tenaga, dan pikiran yang terbuang sia-sia
  • Rugi domain terbaik diantara yang terbaik yang pernah saya temukan: www.templateblogger.web.id yang tidak bisa digunakan sama sekali (ini yang sangat merugikan saya pribadi)
  • Dengan terpaksa saya tidak bisa menggunakan Blogspot untuk mengaktifkan domain tersebut; tapi saya bersikeras maunya di Blogspot

Sampai saat ini, saya hanya bisa IKLHAS. Ternyata IDWEBHOST tidak sebaik dan berkualitas seperti yang orang kira. Atau mungkin, hanya saya saja yang mengalami masalah Internal dengan pihak IDWEBHOST? Entahlah.

Mau menuntut? Yang ada masalah makin membesar; saya harus menyewa pengacara (uang lagi), mengirim berkas, ini dan itu, dan segala macam yang sangat memberatkan.

Alasan kenapa saya memilih IDWEBHOST, karena yang saya tahu pada saat itu, IDWEBHOST merupakan penyedia domain dan hosting termurah dan terbaik di Indonesia. Saya lihat di situs resminya, IDWEBHOST bisa dikategorikan penyedia domain/hosting profesional di Indonesia selayaknya Rumahweb, Jagoanhosting, Dewaweb, dan lain-lainnya.

Keterangan: Seluruh bukti, data, fakta, dan/atau transkrip chat lebih lengkapnya ada di email saya; uang sudah dikembalikan secara utuh. Dan sumber keterangan dan informasi tentang Hak Berbicara bisa di cek.

Sebenarnya masalah ini lebih rumit dari tulisan yang sedang sobat baca ini. Sangat rumit, terlebih-lebih ketika IDWEBHOST mengklaim bahwa Blogspot yang saya gunakan tidak bisa di Custom Domain ke www.templateblogger.web.id.

Nah itu dia kebebasan hak berbicara saya! Penting bagi kita untuk bisa sharing (berbagi) pengalaman tentang sewa domain dan hosting diluar sana. Alangkah baiknya pula, belajarlah ilmu dari pengalaman orang lain agar terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

3 comments so far,add yours

Wahyu IWe mengatakan...

Hemmm... Runyam juga jadinya...
Bener banget tuh bukan masalah uang namun jika domain yang sudah kita idamkan dan tidak bisa kita miliki bakal nyesek dihati... Soalnya mencari sebuah nama domain apalagi mengandung kata kunci yang cukup sensitif (sering dicari) itu cukup sulit untuk didapatkan...

Sabar aja om sapa tau ntar dapat yg lebih baik lagi... 😁

Sarbaini mengatakan...

Makasih atas infonya gan.

Arief Ghozaly mengatakan...

Iya gan, dengan terpaksa kayanya ane harus pake TLD .ID untuk bisa menggunakan domain tersebut. Tapi belum, masih banyak pertimbangan...