Fakta SEO: Pagerank sudah Mati, Digantikan dengan Domain Authority dan Page Authority (Otorisasi)

Tersiar kabar bahwa Pagerank sudah mati atau tidak aktif lagi (dinonaktifkan) oleh Google. Benarkah?

Iya, benar bahwa Pagerank sudah dinonaktifkan oleh Google.

Seperti yang kita ketahui selama ini, Pagerank adalah gambaran sebuah situs apakah berkualitas atau tidak. Jika nilai/skor Pagerank di bawah 3, biasanya dikategorikan situs biasa-biasa saja. Namun, apabila skornya di atas 5, situs web tersebut dikatakan berkualitas dan bernilai tinggi.

Fakta SEO: Pagerank sudah Mati, Digantikan DA/PA Otorisasi

Pagerank yang sudah mati, digantikan oleh Domain Authority dan Page Authority sebagai acuan utama seberapa bagus kualitas sebuah blog/situs tersebut.

Pagerank sudah Mati, Digantikan DA/PA Otorisasi


Sebenarnya, saya pernah mengulas tentang Domain Authority dan Page Authority, tapi tidak ada salahnya saya mengulanginya lagi.

1. Pengertian Domain Authority


Domain Authority adalah penilaian kualitas dan kekuatan dari URL domain tersebut; tentang seberapa lama umur domain tersebut, popularitasnya, dan jumlah artikel yang dimiliki atau diterbitkan.

  • Domain: Domain yang berumur lama dan eksistensi, akan diperhitungkan. Semakin tua umur domain blog, semakin bagus nilai DA yang didapatkan.
  • Popularitas: Secara tidak langsung, menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah seberapa banyak Backlink yang telah didapatkan. Semakin banyak Backlink yang didapatkan, artinya situs kita merupakan sumber referensi (rujukan) bagi situs lainnya. Sedikit banyaknya Backlink akan mempengaruhi Domain Authority.
  • Ukuran: Arti dan maksudnya adalah seberapa jumlah artikel yang dimiliki atau diterbitkan. Semakin banyak, tentu itu bagus untuk kualitas Domain Authority.

Ketiga-tiga poin di atas merupakan faktor yang menentukan tinggi dan rendahnya nilai/skor otoritas domain yang didapatkan pada URL domain tersebut.

2. Pengertian Page Authority


Page Authority adalah acuan kualitas sebuah halaman; tentang seberapa banyak Organic Traffic yang didapatkan per harinya, per bulan, dan per tahunnya pada saat itu.

Dibandingkan Domain, mendapatkan nilai/skor untuk Page Authority tergolong sangat sulit dilakukan karena beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya adalah:

  • Membuat konten yang benar-benar berkualitas
  • Mendapatkan banyak Organic Traffic dari hasil penelusuran Google
  • Memasang berbagai Gadget guna menunjang Bounce Rate

Jadi, itulah berita dan informasi terbaru Google tentang Pagerank yang sudah mati (dinonaktifkan), dan digantikan dengan Otorisasi Situs dan Halaman Blog.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

0 comments so far,add yours