Penjelasan Efek, Dampak atau Pengaruh serta Alasan Kenapa URL domain Blogspot .Com Berubah menjadi Blogspot .Co.ID?

Apa alasan, penyebab, dampak serta pengaruh bahaya atau buruk bagi blog atau situs atas pergantiannya domain [namablog].blogspot.com menjadi [namablog].blogspot.co.id?

Tepat pada hari ini, kamis (siang), 3 September 2015, Google kembali melakukan perubahan terhadap mesin pencarinya. Perubahan tersebut adalah berubahnya alamat domain Blogspot.Com (Internasional) menjadi Blogspot.Co.ID (Indonesia).

Dari berbagai berita dan informasi yang beredar, semua tayangan iklan Google AdSense di blog yang masih menggunakan domain gratisan (Blogspot) akan hilang, tidak muncul, atau tidak tampil.

EFEK perubahan Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID

Beberapa di antaranya menyebutkan bahwa peringkat situs di Alexa Rank menjadi membengkak, terjadinya Duplicate Content, dan hilangnya jejak sejarah umur suatu blog yang terekam di arsip Google.

Penjelasan Kenapa Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID


Pada laman Redirect Blogspot to Country Specific URLs, dijelaskan bahwa pergantian akhiran Domain ini sebagai bentuk pendekatan Google terhadap konten ekspresi bebas dan kontroversial.

Pada dasarnya, apabila sebuah konten melanggar hukum setempat, baik yang dilaporkan atau berdasarkan laporan Googlebot, maka konten tersebut tidak akan terbaca di negara tersebut.

Dikenal sebagai Redirect URLs, yakni pengalihan sebuah URLs mengikuti sebuah negara. Jika USA maka akhirannya .Com (dot-kom), Indonesia .Co.ID (dot-ko dot-aidi), Jepang .Co.JP (dot-ko dot-jepe), dll.

Berikut ini beberapa fakta dari perubahan [namablog].blogspot.com ke [namablog].blogspot.id yang bersumber langsung dari laman resmi Google.

EFEK Perubahan URL Domain Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID


1. Custom Domain, -- Top Level Domain


Jika sobat menggunakan Custom Domain atau Top Level Domain, maka tidak akan ada efek atau pengaruh yang akan didapatkan dari peralihan akhiran alamat domain blog ini.

Seperti yang kita tahu, saat ini TLD mendukung untuk Country Indonesia, .ID atau dot-Ai-Di. Sebaik-baiknya domain TLD untuk Indonesia adalah "NamaBlog.ID", selanjutnya "NamaBlog.Com." karena "NamaBlog.ID" akan diutamakan di halaman pertama Google.

2. Domain Blogspot


Perlu ditekankan, tidak ada perbedaan sama sekali dari pengalihan URL domain negara ini.

Sobat ingin menulis, mengedit atau mengedit Theme atau template blogger? Tetap akan dilakukan di situs resminya: https://www.blogger.com/.

3. EFEK dari sisi SEO


Jika di lihat dari segi SEO, di bulan-bulan pertama sejak pengalihan atau Redirect URLs Country ini, efeknya begitu terasa.

Jika di bandingkan dengan tahun 2015 dengan saat ini (tahun 2015), malah Redirect URLs Country ini efeknya bagus buat SEO On Page Google.

4. Duplicate Content


Entah bagaimana ceritanya, Duplicate Content masih terjadi meski pun sudah di tahun 2018.

Namun sobat tidak perlu khawatir karena Google telah menerangkan bahwa Duplicate Content bukanlah masalah. Google menyadari hal ini dan mereka tahu apa yang harus dilakukannya.

5. Otorisasi Situs yang Membingungkan


Otorisasi situs adalah pendaftaran URL situs ke Google AdSense, -- agar semua perhitungan seperti CPC, RPM, dan lain-lain bisa di anggap valid oleh AdSense.

Masalahnya, situs yang menggunakan metablogging sebagai konten utamanya, biasanya akan mendapatkan kunjungan trafik dari berbagai negara seperti Jepang, Thailand, Malaysia, dll.

Sebagai contoh, situs ini misalnya: https://tipsseokiller.blogspot.com/

Ketika dikunjungi dari negara Jepang, maka URL-nya akan Redirect secara otomatis menjadi:

https://tipsseokiller.blogspot.co.jp/

Jika terjadi klik pada iklan AdSense sedangkan URL-nya yang beralamatkan:

https://tipsseokiller.blogspot.co.jp/

... tidak di Otorisasi Situs-kan, maka klik tidak akan di anggap SAH oleh AdSense.

Disinilah rumitnya. Jadi, ada 2 hal yang bisa sobat lakukan pada saat ini:

  1. Mendaftarkan alamat blog berdasarkan URL dari berbagai negara-negara agar setiap perhitungan AdSense di anggap SAH
  2. Custom Domain, meningkatkan level domain dari Blogspot (gratis) menjadi .Com (dot-kom), .Co.ID (dot-ko dot-aidi), .Org (dot-org) dan TLD-TLD lainnya.

6. Penurunan Organic Traffic yang Drastis


Ketika pengalihan atau Redirect URLs ini terjadi, semua situs yang masih menggunakan domain gratis Blogspot.Com, akan mengalami penurun trafik organik secara drastis.

Memang lho efeknya tidak begitu lama, karena nyatanya, lambat tapi pasti, Organic Traffic kembali stabil seperti sediakala.

7. Alexa Rank yang Membesar


Karena penurunan trafik situs yang cukup drastis, membuat Alexa Rank yang awalnya kecil menjadi membesar.

Hal ini sangat wajar karena mengingat Alexa Rank adalah situs yang bertugas mengukur kualitas sebuah situs web berdasarkan trafik atau kunjungan situs dari situs tersebut.

8. Iklan Google AdSense kembali Muncul


Ketika pertama kali terjadi perubahan Blogspot .Com menjadi Blogspot .Co.ID, hampir semua iklan Google AdSense hilang begitu saja.

Untungnya, SEO Killer Tips tidak mengalami masalah ini. Anehnya, beberapa situs di luar sana mengalami hilangnya tayangan iklan dari AdSense. Saya sendiri tidak tahu apa alasannya dan penyebabnya kenapa.

Well... seperti yang sobat lihat diberbagai blog, sekarang iklan AdSense kembali muncul seperti sebelumnya.

9. Backlink, Domain & Page Authority, InBound/OutBound Link


Sobat senang menggunakan Tools untuk mengukur atau mengecek banyaknya Backlink, Domain dan Page Authority serta InBound/OutBound Link yang didapatkan?

Masalahnya, pengalihan domain berdasarkan negara ini memberikan efek buruk, -- yang mana beberapa poin di atas tidak akan terbaca di berbagai Tools pengecek Backlink, Authority, dan InBound/OutBound Link.

Ketika situs dialihkan ke Custom Domain, pengecekan bisa dilakukan. Merasa terganggu? Saya pribadi, IYA.

Setelah membaca penjelasan efek, dampak atau pengaruh serta alasan kenapa URL domain Blogspot .Com berubah menjadi Blogspot .Co.ID; bagaimana pendapat sobat?

Referensi Artikel:

Pengalaman Blogging selama 3 tahun
https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=en
https://googleblog.blogspot.co.id/2007/11/free-expression-and-controversial.html
https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=id
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

5 comments so far,add yours

Ace Maxs mengatakan...

untuk sekarang kayanya google mengembalikan blogspot indonesia ke .com lagi

Gee Jhon mengatakan...

hmm.. baiklah, sy coba urun pendapat ttg ini. Dan komentar bos Ace Maxs, juga jawaban yg punya blog, juga tidaklah tepat, karena sesungguh .co.id akan terus digunakan oleh Google, krn itu sudah merupakan kebijakan jangka panjang Google.

Apa yg diuraikan di artikel ini, hampir semuanya saya tidak sependapat. Karena perpindahan (lebih tepatnya re-direct), ke domain country itu bukan hal yang aneh atau apa lah, krn banyak negara lain justru sudah memilikinya bertahun-tahun yang lalu. Nah, indonesia baru tahun ini kebagian. Artinya apa? artinya Google sudah memandang Indonesia sebagai pasar potensial bagi mereka, makanya mereka membuat TLD country utk Indonesia. Indonesia sudah diperhitungkan di mata Google. Harusnya itu jadi 'kebanggan' buat kita org Indonesia.

Dari dulu pun, ketika masih menggunakan blogspot.com. bila blog kita dibuka di jepang misalnya, maka otomatis dialihkan ke blogspot.jp, jika dibuka di inggris, maka jadi blogspot.co.uk, dst.

begitupula sebaliknya, blog yg dibuat org bule, jika kita di indonesia, akan otomatis berubah co.id. jadi sama sekali tidak ada yg istimewa atau dikuatirkan ttg hal ini.

Tentang dampak buruk yg disebutkan dalam artikel ini, juga tidak terbukti sama sekali:
1. Alexa membesar
Saat ini, rank alexa tidak berpengaruh langsung terhadap aspek suatu blog.
2. Iklan adsense tetap akan tampil, karena itu bukan dianggap sebagai TLD, ttp tetap konten host.
3. Duplikat konten? Tidak akan muncul duplikat konten, karena semunya hanya redirect.

So, menurut sy, gak perlu cari jawaban apapun dengan kejadian ini. krn itu memang sudah jadi arah kebijakan bisnis Google, dan sy kira ga ada pengaruh apapun dg blog kita.

Johan Akhmadin mengatakan...

Tenang ajalah

algazali official mengatakan...

Iya gan, setelah redirect ke co id, kembali lagi ke com, dan kini kembali lagi co id.

algazali official mengatakan...

Siipp..benar apa yang bos gee katakan.. sebenarnya permasalahan apa yang di tulis ini tepat pada hari kejadian itu pula. Nah, oleh karena itu pembahasannya tentang pada saat itu juga, belum ada informasi yang pasti.

Menurut beberapa informasi yang saya dapatkan di atas, juga berasal dari forum IAPD tempat kita berbagi info seputar adsense, serta beberapa tambahan dari info-info blog teman lainnya.

Nah, dengan adanya komentar dari bos gee..sekarang sudah lengkap bahwa pengaruh pergantian blogspot co id itu tidak ada sama sekali seperti yang bos gee katakan di atas. Karena ini soal kebijakan bisnis Google.

Thanks Bos Gee.