Arti dan Makna Kata dari Blogger, Vlogger dan YouTubers serta Perbedaannya

Blogger adalah penulis online; YouTuber adalah publisher video di YouTube; sedangkan Vlogger adalah singkatan dari Video & Blogger.

Blogger adalah penulis online, ia menulis artikel di web blog, situs atau pun website. Ketika Blogger sedang melakukan aktifitasnya, diistilahkan dengan kata "Blogging".

YouTuber adalah orang yang membagikan Content berupa video di Channel YouTube yang mereka miliki; terserah, apa pun topik Video Content yang mereka gunakan.

Pengertian Vlogger


Vlog adalah gabungan kata dari Video dan Blog; disingkat Vlog.

Jika diartikan lebih mendalam... Vlogger ini memiliki suatu web blog, situs atau pun website, lalu dikaitkan (dihubungkan) dengan Channel YouTube yang mereka punya.

Pengertian Blogger, Vlogger, YouTubers dan Perbedaannya

Contohnya seperti ini. Anda punya Channel YouTube. Apabila anda ingin disebut sebagai seorang "Vlogger", maka anda harus mempunyai Blog.

Jika anda mengaitkan (embed/menghubungkan) video anda di YouTube dengan Blog yang anda buat, maka anda SAH disebut seorang Vlog atau Vlogger.

Oh iya, Vlogging juga bagian kata dari Vlog/Vlogger.

Vlogging itu artinya "sedang mengerjakan". Seperti kata "Watch", artinya "menonton". Kalau ditambahkan kata "-ing" sehingga menjadi "Watching", artinya "sedang menonton".

YouTubers dan Vloggers itu Berbeda


Anda harus tahu bahwa YouTubers dan Vlogger itu berbeda.

YouTubers itu cuma punya Channel YouTube, mereka tidak punya web blog atau situs. Kalau Vlogger, mereka punya kedua-duanya yang saling dihubungkan.

Contoh yang paling nyata disini adalah Raditya Dika.

Doi selalu menggabungkan Video Content-nya dengan website yang dimilikinya. Jadi, jelas kalau Raditya Dika itu adalah seorang Vlogger.

Well, kalau misalkan anda menyebut diri anda seorang "Vlogger" tapi tidak punya website, lebih baik diam saja. Anda tidak perlu mengaku-ngaku diri anda seorang Vlogger apabila tidak punya situs.

Sampai disini, sudah apa itu Vlogger? Sudah tahu kan perbedaan antara Blogger, Vlogger dan YouTubers?
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

2 comments so far,add yours

Anonymous mengatakan...

Makasih bro!
Ane baru tau kalo vlog dan youtubers itu beda...!

Terima kasih jadi tahu bedanya.