Apa yang dimaksud dengan Title Tag, Description, Verification, OpenID, OpenGraph, dll yang tersemat di template blog SEO?

Pengertian, arti dan makna kata "Meta" adalah elemen atau tag dalam pemrograman HTML atau XHTML yang bertugas/berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari halaman web.

Elemen meta, umumnya diletakkan di bawah kode pembuka <head> di dalam HTML tersebut. Di bawah ini merupakan salah satu Meta Tag yang sering digunakan oleh para blogger:

Pengertian Meta Tag SEO: Title, Description & Verification

Secara umum, ada begitu banyak Meta Tag yang tersemat di dalam HTML template blogger, dan bahkan fungsinya berbeda-beda. Beberapa diantaranya Meta Tag untuk kata kunci, robot, deskripsi, OpenGraph, OpenID, dan lain-lain.

Pengertian Meta Tag SEO: Title, Description & Verification


1. Meta Tag Keyword


Dilansir dari Wikipedia, Meta Tag Keyword adalah salah satu jenis Meta yang berfungsi menjelaskan isi dari halaman situs tersebut melalui beberapa kata (frasa).

Menurut saya pribadi, Meta Tag kata kunci merupakan Meta yang berfokus pada penargetan kata kunci kepada mesin pencari; yang menjelaskan blog tersebut tentang apa dan berisi konten apa.

<meta content='SEO, Tutorial, Blogger, Blogspot, Templates, Howto, Tips, Trick' name='keywords'/>

Google, melalui pengembangan algoritma Search Engine mereka, menerangkan bahwa Meta Tag Keyword tidak Berfungsi Lagi bagi SEO On Page Google.

Aneh tapi nyata; mesin pencari Bing, Yahoo, Yandex, dll masih menjadikan Meta Tag Keyword sebagai salah satu faktor ranking artikel dan blog di mesin pencari mereka.

2. Meta Tag Charset


Meta Tag Charset merupakan spesifikasi karakter Encoding di dokumen HTML.

<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>

Di atas merupakan contoh bentuk Meta Tag Charset. Umumnya, letak kode ini berada tepat di bawah kode <head>.

3. Meta Tag Description


Description merupakan salah satu jenis Meta Tag yang masih "dianggap" oleh mesin pencari mana pun, termasuk Google.

<meta content='500 karakter/huruf' name='description'/>

Di atas adalah salah satu contoh Meta Tag dari deskripsi blog. Jika sobat tertarik dan ingin menggunakannya, silakan pasang di blog masing-masing; tepat di bawah kode <head> atau di atas kode </head>.

4. Meta Tag Verification


Meta Tag Verification adalah Meta Tag otorisasi situs; artinya mengaitkan, menghubungkan, atau mendeklarasikan kepemilikan dan publikasi situs kepada mesin pencari.

Praktisnya, fungsi utama dari Meta Tag Verification adalah mengidentifikasi, merekam, dan memunculkan tiap-tiap laman situs yang terdaftar ke Search Engine.

<meta content='KtCx-v7GZzT90lc4avIPw4' name='google-site-verification'/>
<meta content='004C6769C3A1D2BDB238' name='msvalidate.01'/>
<meta content='a55d06c8ce' name='yandex-verification'/>

Di atas adalah beberapa contoh Meta Tag Verification. Jika sobat tertarik, ingin menggunakan atau memasangkannya di blog, ikuti tutorial cara daftar blog ke Google, Bing, dan Yandex.

5. Meta Tag Title


Pengertian Meta Tag Title adalah Meta Tag yang menyatakan identitas suatu blog tentang apa secara ringkas dan jelas.

Title Tag terdiri dari nama situs dan judul artikel. Pada template blogger biasa, tampilannya kurang lebih sebagai berikut:

<title><data:blog.pageTitle/>Deskripsi Blog</title>
    <title>Deskripsi Blog<data:blog.title/></title>
<title><data:blog.pageName/>Deskripsi Blog</title>

Sedangkan pada template blogger yang sudah SEO Ready, biasanya Meta Tag Title sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bagus untuk kualitas dan kekuatan SEO situs.

6. Meta Tag Open Graph


Open Graph merupakan Meta Tag bagian dari Facebook. Fungsinya sebagai Analytics, memunculkan dan memoderasi komentar blog yang menggunakan widget Facebook Comments.

<meta content='118916478748534' property='fb:app_id'/>
<meta content='198572440681749' property='fb:admins'/>

Di atas adalah beberapa contoh tampilan Meta Tag kepemilikan saya yang saya daftarkan ke Facebook Comments. Silakan baca artikel ini: Cara Membuat OpenGraph Facebook.

<meta content='Tips SEO Killer, Template Blogger SEO Friendly &amp; Responsive Gratis Free Download, Berita SEO Algoritma Google, Tutorial SEO Blogspot untuk Pemula.' property='og:description'/>

Sedangkan di atas adalah Meta Tag deskripsi. Sebenarnya, ada begitu banyak jenis Meta Tag dari Facebook.

Apabila sobat tertarik, apalagi sobat merupakan seorang blogger yang sedang mencari template blogger Premium, maka SEO Kraken adalah pilihan utama.

Di dalam SEO Kraken Blogger Theme sudah tersemat berbagai kode Meta Tag yang menunjang kualitas dan kekuatan SEO sebagaimana mestinya.

7. Meta Tag Robots


Meta Tag Robots adalah suatu Tag yang bertugas mengizinkan mengindeks (indexing) atau tidak mengindeks (noindex) Crawler terhadap suatu laman.

Umumnya, Arsip Blog merupakan bagian laman yang sengaja memang tidak di indeks oleh Robots karena berkaitan dengan SEO Optimized.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
   <meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

Di atas merupakan salah satu contoh dari Meta Tag Robots yang memerintahkan agar Crawler mesin pencari tidak mengindeks halaman arsip.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini tentang Meta Tag SEO yang terdiri dari Title Tag, Description, Verification, OpenID, OpenGraph, dan lainnya.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

7 comments so far,add yours

Animator Junior mengatakan...

terima kasih gan info nya

Animator Junior mengatakan...

terima kasih gan info nya

ifoel mengatakan...

manteb boss....alhamdulillah hari ini saya isi kolom sebagian dari petunjuk blog ini

Arief Ghozaly mengatakan...

Mantap gan :)

Naldiano mengatakan...

banyak sekali pengulangan katanya :( saya mau ngutip ke dalem tugas tapi nggak jadi :(

Arief Ghozaly mengatakan...

Pengulangan kata gimana, mas?

Panca Setyadi mengatakan...

Terima kasih infonya mas..