Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Clone/Kloningan dan Convert/Konversi

Apakah sobat tahu bagaimana ciri-ciri atau kriteria perbedaan template blogger gratis, berbayar, personal/pribadi, clone dan convert?

Praktisnya, template blogger gratis itu bisa di download secara gratis. Fiturnya juga biasa saja, tidak lebih dan tidak kurang. Biasanya, ada sisipan Link di dalam HTML template blogger.

Sedangkan Premium Blogger Theme biasanya tidak ada injeksi link, Tag meta SEO yang terpasang pun biasanya tidak sama dengan Tag meta SEO dari template blog yang dibagikan secara gratis.

Perbedaan Template Blog Gratis, Premium, Clone dan Convert

Selain itu, Free download Blogger Theme juga tidak diperkenankan untuk menghapus Credit Link atau Copyright dari desainer; sedangkan template versi Premium diperbolehkan untuk menghapus Hak Cipta kepemilikan template oleh desainer.

Perbedaan Template Blog Gratis, Premium, Clone dan Convert


Sebenarnya, jika yang ditanyakan perbedaannya apa-apa saja, bagi sobat yang sudah sering download template blog gratis, tentu familiar perbedaannya dengan Premium Blogger Theme.

1. Perbedaan Free Template dan Premium Blogger Theme


Free Download: Encrypted File & No Support; Premium -- One time payment, lifetime premium support, lifetime template updates, unlimited domains, remove credits and much more.

Salah satu karakteristik template gratis, biasanya banyak bagian yang error; terutama HTML dan CSS. Berbeda dengan template versi berbayar yang tidak memiliki kerusakan, baik internal maupun eksternal.

Premium Blogger Theme juga di buat dengan kesulitan yang agak lumayan rumit karena proses pembuatan, pengembangan dan penciptaannya harus benar-benar maksimal.

Belum lagi ketika ditemukan error atau bug oleh pembeli, mau tidak mau, para desainer template harus memperbaiki kerusakan error dari template blog berbayar tersebut.

2. Clone or Cloning Blogger Templates


Clone, Cloning atau Kloning adalah menggandakan. Praktisnya, template blogger "bajakan".

Semisal, salah seorang desainer template membuat sebuah template blogger yang mana tampilan dari Blogger Theme tersebut mirip dengan tampilan Blogger Theme lainnya.

Inilah yang dimaksud dengan template kloning atau template blogger bajakan. Singkatnya, pengertian Clone adalah "bajakan".

3. Convert Blogger or WordPress Theme


Jenis template Convert, situasinya hampir sama dengan template blogger Clone di atas. Yang membedakan kedua istilah ini adalah tempat Blogging atau platform Blogging yang digunakan.

Jika sobat menemukan WordPress Theme berbentuk atau berpenampilan Thesis SEO, akan tetapi di Blogger juga ada template yang tampilannya hampir sama (persis) dengan Thesis SEO tersebut.

Artinya? Blogger Theme tersebut telah mengkonversikan Thesis SEO dari WordPress Theme tadi; dan hal ini berlaku juga sebaliknya.

4. Perbedaan Template Blog Pribadi dan Majalah


Pada dasarnya, Blogger Theme punya tampilan situs yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada yang Flat-UI, Grid, AMP Google, Bootstrap, dan masih banyak lagi.

Apapun dan bagaimana pun bentuk tampilannya, template blog nyatanya terbagi atas 2 bagian; Personal (Pribadi) atau Magazine (Majalah).

Template blogger personal biasanya digunakan untuk blog-blog dengan konten artikel yang bersifat pribadi seperti perjalanan hidup; atau hanya menggunakan satu topik artikel, misalnya tentang teknologi saja.

Magazine Blogger Theme atau template bergaya majalah biasanya digunakan untuk situs-situs yang berisi ragam artikel sebagai konten utamanya, dimana ada banyak kategori artikel yang bisa di pilih.

Template blog bergaya majalah biasanya terdiri dari 3 kolom dan lebih; sedangkan template blog pribadi (identik) hanya tersedia 2 kolom yang terdiri dari BlogPosting dan Sidebar-Wrapper.

Itulah dokumentasi saya tentang Perbedaan Template Blogger Gratis, Premium, Clone/Kloningan dan Convert/Konversi. Semoga berguna.*
Share To:

Arief Ghozaly

Post A Comment:

6 comments so far,add yours

icko juliet mengatakan...

Trims ilmunya....

Irwin Andriyanto mengatakan...

Yah Jelas terlihat bedanya hehehee

Dhani Nad mengatakan...

Saya baru tau Kalo template itu ternyata bisa diconvert. Gmna caranya mas?

algazali official mengatakan...

Perlu penguasaan CSS, HTML dan XML mas. Saya juga kurang mengerti, ini sedang belajar secara ototidak mas hehe

Ariffal mengatakan...

Kalau kita Menggunakan Template Clone Ada Masalah gak sama Googlenya ?

Arief Ghozaly mengatakan...

Nggak ada gan, aman. Kecuali agan yang meng-kloning template itu, bisa-bisa dilaporin ke google kalau memang si pembuat template asli itu merasa terganggu.